,

Bermain Harmonik Minor

 Kali ini saya akan membahas apa itu Tangga nada minor harmonik (harmonic minor) atau yang sering kita dengar dalam musik musik neo-classical, atau jika kita mendengarkan melodi dari permainan Yngwie Malmsteen pasti style gaya alunan asscending dan disscending dari harmonic minor itu sendiri begitu jelas terdengar...hehehee,,,

sebelum kita mengenal lebih jauh harmonik minor itu,mari kita perhatikan urutan dari tangga minor pendahulunya

seperti kita ketahui bahwa Skala Minor terbagi atas tiga yaitu Minor Natural, Minor Harmonic, dan Minor Melodic,


perhatikan tangga nada Minor Natural dan harmonik minor dibawah ini :

pola  : 1 - 2 - b3 - 4 - 5 - b6 - b7 - 1'
nada : A - B - C - D - E - F - G - A' (Skala A natural-minor)

dan harmonik minor akan terbentuk jika kita menaikkan pada nada ke tujuh (b7) dinaikkan half-step menjadi (7) Seperti contoh dibawah ini :

Pola :  1 -2 -b3 - 4 - 5 - b6 - 7 - 1'
nada : A - B - C - D - E - F - Gis - A' (Skala A Harmonic-minor)

lihat contoh tangga nada A harmonic minor dibawah ini, jika nada ini kita mainkan dengan tempo yang lebih cepat lagi maka style harmonik minornya lebih terasa lagi :




nah sekarang kita otak atik itu scale dan saya kembangkan menjadi seperti dibawah ,,coba anda mainkan melodi dibawah ini pada senar satu maka serasa memainkan melodi teknik ala Yngwie hehee.....


sekian dulu teori dari saya selamat bereksprimen dengan harmonik minor.........SALAM ROCK N ROLL
''AGROY GEKERS"
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tangga Nada dengan judul Bermain Harmonik Minor. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://belajargitarku.blogspot.com/2011/04/bermain-harmonik-minor.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blog - 16 Apr 2011