,

Triad Nada

Apakah anda pernah mendengarkan kata Triad pada suatu Chord?pada kesempatan ini saya akan membahas apa itu triad itu.Triad merupakan kombinasi tiga nada yang terdiri dari root(1), third(3) dan fifth(5). jika kita simpulkan triad itu  memiliki dua buah interval third yaitu interval antara root ke third dan interval third ke fifth. sesuai dengan namanya triad adalah akord beranggotakan tiga nada namun tidak semua akord yang beranggotakan tiga nada adalah triad. Hanya ada 4 triad berbeda yaitu Major Triad, Minor Triad, Augmented Triad dan Diminished Triad. Triad terbagi menjadi empat macam karena interval-interval third pembentuknya bisa jadi Mayor atau minor sehingga memungkinkan untuk membentuk empat kombinasi triad.kalu lebih jelasnya lihat pola chord C dibawah ini :
  • CM     = C(root) - E(M3) - G(P5)
  • Cm      = C(root) - Eb(m3) - G(P5)
  • Caug  = C(root) - E(M3) - G#(#5)
  • Cdim  = C(root) - Eb(m3) - Gb(b5)
Triad Mayor dan triad minor keduanya sama-sama memiliki interval Perfect Fifth (P5) antara root dan fifth-nya, yang membedakan keduanya menjadi triad mayor dan triad minor hanyalah nada third-nya. Triad Mayor memiliki interval Major Third (M3) antara root dan nada third-nya, sedangkan triad minor memiliki interval minor third (m3) antara root dan nada third-nya ,Seperti contoh diatas, Triad C Mayor memiliki nada C - E - G, dan Triad C minor memiliki nada C - E♭ - G. Keduanya memiliki interval perfect fifth (P5) antara root dan nada fifth-nya yaitu antara nada C dan G. Yang membedakan apakah itu triad C Mayor atau C minor adalah nada third-nya yaitu E(M3) dan Eb(m3), .
kemudian triad selanjutnya adalah Augmented Triad dan Diminished Triad. Augmented triad adalah triad Mayor dengan nada fifth dinaikkan setengah sehingga nada menjadi ♯5 sehingga triad C Augmented mempunyai nada C - E - G♯. Sedangkan diminished triad adalah triad minor dengan nada fifth diturunkan setengah nada menjadi ♭5, sehingga triad C diminished mempunyai nada C - E♭ - G♭.jelas kalau kita perhatikan bahwa yang membuat augmented masuk kedalam triad minor karena pada nada thirdnya (Eb) begitu juga dengan Diminished yang masuk pada keluarga Mayor (E)
biasanya triad nada ini adalah pondasi dari pembuatan chord begitu juga dengan dasar dari Arpegio..
sekian dulu pembahasan gitar dari saya..jika sobat kurang mengerti silakan berikan komentar anda dan saya akan menjawabnya,,,TERIMAKASIH...<Agroy>
...
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Belajar Chord / Tangga Nada dengan judul Triad Nada. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://belajargitarku.blogspot.com/2011/04/triad-nada.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Blog - 12 Apr 2011